TIPS DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Mencari pekerjaan sekarang ini sangatlah kompetitif dan sangat menyusahkan. Tidak sedikit dari Anda yang mungkin sudah melamar kemana mana tapi sampai saat ini masih belum mendapatkan panggilan tes, baik itu wawancara ataupun tertulis. Bisa jadi di antara anda juga ada sebagian yang sudah melawati berbagai tes tapi belum berhasil melewatinya. Berikut beberapa tips untuk anda semoga anda biasa mewujudkan impian anda mendapatkan pekerjaan seperti yang anda harapkan Daftar Riwayat Hidup CV adalah bagian paling awal yang harus anda perhatikan, bahkan bagian terpenting dari isi surat lamaran pekerjaan. Yang pertama kali menjadi dasar seleksi bagi perusahaan pencari pegawai adalah CV. Puluhan bahkan mungkin ratusan Surat Lamaran Pekerjaan akan langsung “disingkirkan” hanya gara gara CV yang tidak memenuhi criteria.

1. Tampilan CV yang Mencolok/menonjol

Banyak studi kasus dari berbagai perusahaan penerima pegawai baru memutuskan untuk menerima atau mengabaikan Surat Lamaran Pekerjaan yang masuk berdasarkan pada relefan atau tidaknya pengalaman kerja pelamar yang tercantum dalam CV. Dari dasar ini, peluang untuk memenuhi criteria berdasarkan pengalaman kerja adalah 1 dibanding 3. Sungguh satu peluang yang besar dari kemungkinan kemungkinan yang muncul jika anda benar benar memiliki pemgalaman kerja yang sesuai dengan pekerjaan yang sedang anda lamar.

2. CV yang Singkat dan Relevan

Saat anda mempersiapkan untuk membuat CV, pastikan CV yang anda buat memiliki tampilan yang sangat mencolok. Jadikan CV anda menarik/membuat mata menjadi tertarik untuk membaca karena tampilannya yang berbeda, ini adalah cara jitu untuk “memaksa” selector CV untuk membaca CV anda. Setelah itu pastikan daftar/list pengalaman pekerjaan anda sesuai dengan criteria yang sudah ditentukan perusaan yang sedang anda lamar.

3. “Paksakan” CV anda Relevan

Hindari membuat CV anda terlalu panjang, karena isi CV yang terlalu panjang dikhawatirkan malah akan mengaburkan isi dari CV yang seharusnya anda maksud. Ingat ! waktu yang sedang digunakan selector untuk membaca CV anda adalah waktu yang sangat berharga dan jangan buang waktu mereka hanya untuk membaca CV anda yang terlalu panjang.Tunjukkan bahwa anda sangat menghargai waktu mereka dengan anda memberikan CV yang singkat tapi padat isi dan relevan.

4. Cantumkan Prestasi Anda.

Anda mungkin memiliki pengalaman pekerjaan yang tidak sesuai/relevan dengan pekerjaan yang sedang anda lamar. Sebagian selector CV ( perusahaan pencari pegawai baru ) akan menyimpan CV yang memang tidak relevan untuk diseleksi lagi pada periode selanjutnya dengan keriteria yang berbeda. Jadi pastikan saja CV yang anda buat walaupun tidak sesuai atau tidak relevan dengan bagian/divisi yang sedang anda lamar, tapi memiliki relevansi dengan perusahaan tersebut secara umum.

5. Konten CV yang Bagus

Cantumkan berbagai prestasi yang pernah anda raih pada CV yang anda buat meskipun pertasi anda tidak ada relevansinya sama sekali tapi jangan mengada ada. Hal ini cukup bagus untuk memberikan kesan bahwa anda memiliki nilai plus atau lebih dibandingkan dengan pelamar yang lain meskipun mereka memiliki CV dan pengalaman kerja yang relevan. Tidak ada salahnya anda mempromosikan diri anda sendiri untuk mendapatkan kesan yang berbeda.

Selektor dari perusahaan yang anda lamar bisa menilai apakah anda benar benar serius dalam membuat konten CV anda ataukan anda hanya membuatnya hanya sekadar untuk memenuhi syarat pelengkap dalam satu bendel Surat Lamaran Pekerjaan. Selektor tersebut biasanya berasumsi bahwa jika anda serius membuat konten CV anda dan anda serius untuk mendapatkan pekerjaan itu artinya anda juga akan serius dalam menjalakan tugas pada pekerjaan anda yang baru. Bagi sebagian pelamar CV mungkin tidak penting tapi perlu anda ketahui bahwa CV adalah yang paling penting dari semua lampiran dalam bendel Surat Lamaran anda, karena CV menggambarkan tentang siapa anda dan bagaimana potensi anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s